DOWNLOOD KATALOG

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah saya bisa mengikuti kursus mengemudi di mobil saya sendiri / keluarga atau teman

  • Belajar selalu membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi jika ingin menyerap apa yang dipelajari dengan baik. Termasuk juga saat belajar mengemudi.Belajar mengemudi membutuhkan konsentrasi dan fokus yang baik agar semakin mudah membedakan rem dan juga pedal kopling. Saat akan kursus mengemudi ada banyak hal yang sebenarnya harus dipersiapkan, apalagi mengendarai mobil berarti harus mengetahui kondisi jalanan.Jangan lupa untuk memasukkan ekstra hati-hati di daftar ‘jangan lupa’ yang telah di buat sebelumnya.Untuk membantu kamu sebelum mulai kursus mengemudi, perhatikan daftar ‘jangan lupa’ dari Carmudi berikut:

    1. Persiapkan Biaya Kursus

    Sekarang ini biaya kursus sudah tidak lagi murah. Rata-rata biaya kursus mengemudi berada di antara angka Rp 700.000,- hingga Rp 1.200.000,-.

    Harga ini juga tergantung dari jenis pelayanan yang didapatkan. Kursus mengemudi yang sudah memiliki nama biasanya akan mematok harga yang lebih mahal daripada yang tidak.

    Periksa pula apakah ada sesuatu jaminan yang didapatkan ketika memilih biaya kursus yang lebih mahal dan lebih murah.

    Ada baiknya dari awal sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu akan kursus mengemudi dimana, sebab hal ini menentukan besarnya jumlah uang yang harus dibayarkan kepada pihak kursus. Apalagi jika bisa menemukan tempat kursus yang lebih murah tetapi sudah komplit.

    2. Pastikan Benefit Yang Didapatkan

    Saat mendaftar kursus mengemudi biasanya para calon siswa akan diberikan pilihan. Apakah hanya kursus mengemudi saja atau kursus mengemudi serta layanan pembuatan SIM.

    Jika memang harus memilih paket mengemudi serta pembuatan SIM, maka lakukanlah pengecekan rincian pembayaran yang harus dilakukan. Berapa banyak yang harus dibayarkan untuk kursus mengemudi dan berapa banyak yang harus dibayarkan saat pembuatan SIM.

    Perbedaannya bisa jadi sangat jauh atau bahkan tidak begitu jauh tergantung dimana kursus diambil.

    Jika memang perbedaan pengurusan SIM berbeda jauh dengan pengurusan SIM saat melakukannya sendiri, ada baiknya jika langsung mengurus pembuatan SIM tanpa melalui pihak ketiga, Carmudian.

    3. Sesuaikan Jam Kursus

    Waktu terkadang bisa menjadi sesuatu yang menyebalkan. Kurang efisiennya manajemen waktu membuat schedule untuk kursus menjadi terhalang.

    Pada umumnya biaya yang dibayarkan sebelumnya hanya berlaku antara 6-9 pertemuan saja.

    Jadi, sangat dibutuhkan komitmen untuk kursus ini. Coba bayangkan hanya dalam 6 kali pertemuan, siswa kursus diharapkan sudah bisa mengemudi dengan baik.

    Langkah yang perlu dilakukan adalah mengusahakan hari kursus tidak berjauhan agar apa yang telah dipelajari tidak terlupakan. Mengemudi mobil memang tidak semudah kelihatannya. Maka ada effort yang harus dilakukan dalam setiap pertemuan yang diadakan.

    4. Jangan Malu Untuk Bertanya

    Belajar disini bukan berarti membawa buku tulis dan mencatat semua instruksi tetapi memahami semua instruksi yang telah diberikan sebelumnya.

    Jadi ketika ada sesuatu yang mungkin terlupakan atau terlewatkan lebih baik ditanyakan langsung kepada pihak kursus.

    Tanyakan bagaimana kursus bisa menjaga keamanan dan keselamatan latihan, proses umumnya seperti apa, apa yang harus disiapkan, dan tanyakan apakah ada diskon yang bisa didapatkan.

    Semua ini berguna untuk keuntungan calon siswa. Membayar berarti mengizinkan calon siswa bertanya dan mendapat semua informasi yang dibutuhkan. Pada intinya, tanyakan apa yang perlu ditanyakan sejak dari awal mulai pendaftaran.

    5. Sering Latihan

    Yang paling penting dari langkah ini adalah pengulangan.

    Sama seperti olahraga, latihan membuat seseorang lebih mahir dan terampil dalam melakukan suatu kegiatan. Mengemudi pun membutuhkan hal yang sama.

    Ketika sudah fokus dan menaruh perhatian pada latihan yang telah didapatkan sebelumnya, maka melakukan pengulangan akan membuatnya jauh lebih baik.

    Usahakan untuk melakukan latihan lebih sering, karena menghadapi latihan biasanya akan sedikit berbeda saat menghadapi jalan raya yang sebenarnya.

    6. Jangan Absen dan Jangan Telat

    Ada banyak sekali kursus yang sangat memperhatikan kedisiplinan waktu. Bukan hanya karena banyaknya siswa tetapi juga para pengajar ini pun memiliki waktu dan schedule masing-masing, lho.

    Ada baiknya untuk para calon pengemudi untuk hadir tepat waktu untuk menghindari pengurangan waktu belajar atau hal lain yang mungkin merugikan waktu belajar. Jadi, tidak ada salahnya untuk disiplin sejak dari awal.

    7. Jangan Takut Dengan Lalu Lintas

    Terkadang rasa takut mampu membuat latihan yang telah diikuti terasa ‘menghilang.’ Apalagi ketika mengemudi yang sebenarnya sudah mulai dilakukan.

    Memang menghadapi latihan dan mengemudi mobil di jalan raya akan terasa jauh berbeda. Ditambah setelah mengendarai mobil, para pengemudi akan dihadapkan dengan semrawutnya lalu lintas, kemacetan, kendaraan lebih besar yang datang dari arah berlawanan.

    Semua ini akan terasa seperti puzzle yang berantakan, tetapi disinilah letak kegunaan latihan dan kursus tadi. Bahkan Carmudian harus tahu bahwa kursus sekarang juga mengajarkan cara mengemudi di jalan raya yang sesungguhnya.

    Hal ini untuk melatih mengurangi rasa panik dan takut yang dialami oleh si siswa. Untuk menghindari rasa takut dan panic dapat dilakukan berbagai hal. Salah satunya adalah menarik nafas dalam dan buang secara perlahan.

    Relaksasi ini biasanya dapat mengurangi rasa takut dan panik.

    Selama kursus mengemudi lakukanlah apa yang di minta oleh pengajar dengan baik.

    Para pengajar ini memiliki sistem penilaian yang berbeda-beda, jadi menuruti para pengajar berarti memberi kesempatan untuk lulus lebih baik. Sisi positif lainnya adalah para siswa atau calon pengemudi pun dapat belajar secara efisien dan mampu berkendara lebih baik.

Apakah mobil matic lebih mudah dikendarai?

Bagi sebagian orang, mengendarai mobil matic memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Namun, bagi sebagian orang lagi, justru mengendarai mobil matic lah yang lebih mudah karena proses transmisinya yang sederhana. Padahal, mengendarai mobil matic sangat lah mudah jika Anda telah mengetahui arti dari simbol pada transmisi mobil matic.

Hal tersebut lah yang sering menjadi kendala bagi pengendara (yang sudah terbiasa menggunakan mobil manual) untuk beralih ke mobil bertransmisi automatic. Karena sudah terbiasa dengan sistem transmisi manual, sebagian orang menganggap bahwa semua kendali perpindahan gigi dan mekanisme kemudi akan selalu dalam kontrol pengemudi. Dan terkadang kebiasaan itu lah yang membuat pengemudi mobil manual merasa canggung ketika beralih mengendarai mobil automatic.

Untuk itu, adaptasi terhadap mobil jenis matic perlu dilakukan agar dapat terbiasa. Karena sejatinya, mobil matic dibuat untuk meminimalisir kelelahan dan membuat kenyamanan pengemudi dalam berkendara. Tanpa harus menginjak kopling dan memindahkan persneling, mobil matic sebenarnya lebih aman dikendarai. Apa alasannya?

Menghadapi Kondisi Jalan Yang Menanjak

Seorang pengemudi harus siap saat menjumpai kondisi jalanan menanjak. Hal ini penting untuk dikuasai setiap pengemudi karena jika tidak, mobil yang Anda kendarai bisa saja terjadi hal-hal di luar dugaan seperti: mundurnya kembali mobil yang Anda kendarai saat mencoba menghadapi tanjakan. Tentu saja hal tersebut akan berakibat tabrakan yang fatal terhadap pengendara mobil lain.

Untuk menghadapi kondisi jalan yang menanjak, mobil matic justru lebih aman digunakan karena tidak perlu menyeimbangkan pedal kopling dan gas yang sejatinya membutuhkan tenaga yang cukup melelahkan. Mobil matic akan lebih efektif saat menjumpai kondisi jalan menanjak dengan mengatur perputaran mesin pada angka sekitar 3.000 rpm. Saat menghadapi kondisi jalan yang menanjak, Anda dapat memindahkan tuas transmisi secara bertahap mulai dari, D > 3 > 2 > 1 untuk menghadapi tanjakan yang terjal. Saat situasi tersebut, diperlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi agar mobil tidak terlalu cepat melaju.

Mobil Lebih Stabil Ketika Hendak Menyalip

Salah satu alasan kenapa mobil matic lebih aman dikendarai adalah saat Anda dalam kondisi hendak menyalip mobil di depan Anda. Pada situasi seperti ini, Anda cukup menginjak pedal gas secara penuh (namun harus tetap pada kendali yang stabil dan fokus yang teratur) pada transmisi D. Saat situasi seperti ini, sistem transmisi mobil akan berpindah secara otomatis dan akan terdorong berkat akselerasi pada pedal gas yang Anda tekan. Tentu saja, hal ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan sistem transmisi manual yang hraus memindahkan persneling saat distorsi rpm semakin meningkat

Lebih Aman Ketika Menghadapi Kondisi Jalanan Menurun

Perlu diketahui, mobil Anda tidak akan dalam kondisi aman jika hanya mengandalkan rem saat menghadapi kondisi jalanan menurun. Untuk itu, kinerja engine break juga dibutuhkan untuk menjaga kecepatan saat melaju di jalanan menurun. Sehingga beban mesin yang ditanggung tidak sepenuhnya mengandalkan rem.

Lantas, apa kaitannya dengan mobil matic? Tentu saja, saat ini mobil bertransmisi matic telah dilengkapi fitur yang dapat memindahkan gigi lebih rendah secara otomatis ketika mobil Anda melaju pada kondisi jalanan yang menurun. Dengan begitu, kemudi Anda akan lebih aman dan kecepatan akan semakin terkendali ketika Anda melaju di jalan turunan

Melaju Tanpa Menginjak Pedal Gas Akan Lebih Aman

Kebanyakan mobil bertransmisi otomatis dapat melaju walau Anda tidak menginjak pedal gas. Namun, kecepatan laju setiap mobil memiliki perbedaan masing-masing. Dalam hal ini, Anda akan dapat mengemudikan mobil secara relax, namun bukan berarti saat kondisi ini Anda bisa santai dan tidak fokus. Karena jika tidak fokus, potensi membahayakan bisa saja terjadi. Situasi melaju tanpa menginjak pedal gas biasanya lebih aman jika digunakan ketika hendak berkendara santai di jalanan yang lengang, karena kewaspadaan saat berkendara adalah prioritas yang utama bagi setiap pengemudi.

Mengemudi mobil matic sebenarnya tidak lah sulit untuk dikuasai oleh Anda. Yang terpenting adalah Anda harus memahami arti dari setiap tanda pada persneling mobil matic. Jika Anda sudah memahaminya, maka mobil matic akan terasa lebih nyaman dan aman untuk dikendarai. Tentu saja, selain itu, mobil matic juga memiliki kehematan bahan bakar yang cukup baik. Seperti beberapa mobil bertransmisi matic antara lain: Toyota Agya, Honda Brio, ataupun Datsun GO yang memiliki sistem transmisi matic dan juga hemat bahan bakar. Jika penasaran, cek aja di Momobil.id sekarang!

Bagaimana cara Cara Mudah Lulus Ujian SIM Motor dan Mobil

Surat Izin Mengemudi (SIM) mutlak dimiliki bagi siapa saja yang ingin mengendarai mobil atau motor. Dengan memiliki lisensi tersebut, pengendara telah memahami aturan dan etika saat berada di jalan.

Menurut situs polri.go.id, SIM merupakan alat bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami aturan lalu lintas, dan mahir mengemudikan kendaraan bermotor.

Dari sejumlah tes yang wajib dijalani pemohon SIM, tahap praktik menjadi yang tersulit. Inilah yang dialami Kevin Mandala Yudha, mahasiswa semester satu di salah satu universitas swasta di Jakarta.

“Empat kali tes SIM A selalu gagal saat di tahap praktik. Tapi saya nggak putus asa, akhirnya pas tes SIM kelima kalinya lulus,” tuturnya.

Polres Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan punya cara mudah menjelaskan indikator penilaian pada tes praktik SIM untuk roda empat dan roda dua.

Tes SIM A 

Lewat video, mereka menjabarkan sejumlah tahap yang harus dilalui dengan baik. Pertama, pemohon diminta untuk melaju di jalan sempit sejauh 50 meter. Setelah itu, mobil harus mundur dan tak boleh menyenggol patok yang berada di sisi jalan. Apabila tersenggol dua kali berturut-turut dinyatakan gagal.

Adapula tahapan tes mengemudi di jalan zig zag maju-mundur dan mobil tidak boleh menyentuh patok dua kali berturut-turut. Tak luput adapula tes parkir mundur dan pararel, menghentikan mobil pada kondisi turunan dan tanjakan.

Berapa banyak pelajaran yang perlu saya pelajari untuk mengemudi?

Ada 7 hal yang perlu diperhatikan secara umum agar mahir mobil dan khususnya bertransmisi manual, apa saja?

1. Setelah mendapatkan SIM, sebaiknya membiasakan menyetir selama 90 hari
setelah seorang pemula dinyatakan lulus dari sekolah mengemudi dan mendapatkan SIM A, sebaiknya terus melakukan latihan mengemudi selama 90 hari berturut-turut. Hal ini untuk terus membiasakan diri agar adaptasi dengan karakter kendaraan dan lingkungan terus terbentuk.
“Secara mental dia akan percaya diri, dari percaya diri dia akan nyaman, sehingga seiring dengan lamanya adaptasi, dia dapat mengerti karakter kendaraan dan pengguna jalan lain serta membiasakan teknik safety driving,”
2. Membiasakan diri antara kopling dan gas
Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah membiasakan diri ketika melepas kopling dan berakselerasi dengan menginjak gas. Jusri menambahkan, untuk hal ini tidak selalu pemula yang harus membiasakan diri, banyak orang yang justru sudah mahir mengemudi bahkan terkendala melepas kopling.
“Membiasakan meng-handling kendaraan terutama kombinasi gas dan kopling, banyak pemula bahkan yang pengalaman pun kurang tepat dalam kondisi ini, kebanyakan mereka menggunakan power berlebih, harusnya tidak diperlukan. Harusnya awalan itu setelah rem tangan dilepas, bersamaan kopling juga dilepas, kaki kanan dari pedal rem juga dilepas, rasakan momentum pergerakannya dan tambah dengan powernya dengan menginjak gas pelan-pelan,”
Adapun, ketika tidak terbiasa dengan kebiasaan tersebut, yang terjadi selanjutnya adalah engine stall, alias mesin akan mati mendadak akibat tidak selarasnya pelepasan kopling dengan momentum atau laju mobil.
3. Gunakan putaran mesin rendah saat perpindahan gigi
Setelah berlatih melepas kopling, langkah selanjutnya yang harus dibiasakan adalah menggunakan putaran mesin rendah saat melakukan perpindahan gigi. Bukan berarti tidak dianjurkan berpindah gigi dalam putaran mesin tinggi, dengan kebiasaan putaran rendah, mental mengemudi secara halus akan terbentuk tanpa disadari.
“Kalau mobil manual dan bensin, maka saat tidak menyalip dan pada kondisi datar, biasakan perpindahan gigi (naik)maksimum pada 2.000-2.200 rpm, bila deselerasi, lakukan saat putaran mesin sudah di bawah 2.000 rpm. Nah kegunaannya dengan kebiasaan seperti itu akan menghemat bahan bakar juga gaya berkendara yang nyaman (tidak agresif),”
4. Jaga kecepatan sesuai kondisi
Pengemudi pemula terkadang membawa mobil dalam kecepatan yang sangat rendah, sehingga menyebabkan pengguna jalan lain terganggu. Jusri menjelaskan, dalam benak pemula mengendarai mobil dengan kecepatan rendah akan membuatnya aman, hal tersebut justru kesalahan yang harus dikendarai.
“Dalam mengatur kecepatan harus sesuai kondisi lalu lintas di jalan, jangan sampai bedanya (kecepatan) signifikan. Mereka harusnya tenang, seperti di tol, jangan terlalu lambat atau terlalu cepat, itu bahaya, terlalu lambat jauh lebih berbahaya. Ini bisa mengancam keselamatan diri dan mengancam pengguna jaan lain, dalam otak mereka aman (berjalan pelan), itu salah, lambat sesuai kondisi oke, terlalu lambat itu bahaya,”
5. Latihan berpindah lajur
Selanjutnya tidak kalah penting adalah terus membiasakan diri berlatih berpindah lajur. Para pemula kerap kali tidak melihat spion ketika berpindah lajur, sehingga yang terjadi adalah sebelum dirasa aman, mereka berpindah lajur dan membuat pengguna jalan lain kaget.
“Biasakan ketika berpindah lajur selalu lihat spion, fungsi kaca spion itu alat bantu untuk melihat bidang pandang yang dituju, misal mau ke kanan, maka cek spion kanan, ingat kaca spion adalah alat bantu, utamanya setelah itu konfirmasi dengan cara menoleh sekilas untuk memastikan titik buta (blind spot), karena 1 meter dari pilar B sudah ada blind spot, jadi besar kemungkinan ada objek yang tidak terlihat,”
6. Latihan memutar setir kemudi
Setelah dirasa mahir menjaga kecepatan dan berpindah lajur, langkah selanjutnya yang wajib dilakukan adalah berlatih memutar kemudi. Bukan tanpa sebab, pengemudi pemula terkadang kurang memperhitungkan gerak ban, sehingga yang terjadi adalah belok terlalu patah atau terlalu melebar.
menekankan untuk terus berlatih membelokan setir, tidak harus di jalan raya, latih lah di lapangan terbuka yang diperbolehkan untuk berlatih mengemudi atau jalan perumahan yang terdiri dari banyak blok.
Mudahnya saat berbelok, putar setir secara halus dan santai, kemudian rasakan momentum mobil menikung, apabila dirasa kurang menikung tambah lagi dengan memutar setir ke arah mobil menikung. Sebaliknya ketika hampir mendekati sejajar dengan garis jalan, tahan putaran setir dan putar kembali setir ke arah berlawanan.
7. Terus memastikan keadaan sekitar aman
Visibilitas pengemudi pemula juga kadang hanya terfokus melihat depan saja, padahal sebagai pengemudi wajib hukumnya untuk selalu memastikan keadaan sekitar dalam kondisi aman. Bisa gunakan spion samping dan tengah, atau sun roof untuk melihat visibilitas ke atas, juga indikator lain yang tersedia pada mobil seperti lane departure warning dan blind spot monitoring system.
“Harus memastikan bahaya itu tidak hanya di depan, bahaya secara umum dari 4 sisi, depan, kanan-kiri, dan belakang, juga potensi bahaya lainnya bisa datang dari atas atau bawah, contoh ketika melewati fly over atau jalur yang sedang dikonstruksi sehingga bentuk antisipasi dapat dimaksimalkan. Tidak melulu perhatikan dari sisi dalam mobil, sisi luar juga perlu diperatikan, nah itu bisa dilakukan (antisipasi) kalau membiasakan diri dari awal

Should I learn to drive in an automatic or manual car?

Under certain circumstances, customers may want to receive lessons in their own/family vehicle. This is a good idea where the car will be used for a Driver’s Test. It is also a good idea when a learner has a new car and wishes to familiarise themselves with it prior to licensing. Safe Drive Driving School is able to offer customers training in their vehicle, provided the vehicle is registered, roadworthy and comprehensively insured.
Prior to any training being conducted in the customer’s vehicle, the instructor should inspect the vehicle for its roadworthiness. The inspection should include, but is not limited to, a check of the following items;
the registration label is valid, current, intact and displayed appropriately
the vehicle is comprehensively insured and the customer’s insurance company is notified that it will be used by a driving instructor to conduct training in
The tyres:
are correctly inflated (air pressures must reflect the manufacturer’s recommendation as a minimum).
have appropriate levels of tread
are not damaged
all indicators, headlights and brake lights are working
seats and seat belts are in good working order and are not damaged or twisted
any loose items in the cabin of the vehicle are stowed in the cargo (boot) area
the windows and interior are clean
the vehicle has sufficient petrol to last the course of the lesson (minimum requirement – a quarter of a tank)
The lesson charge is not reduced for lesson in a customer’s own car.

Am I able to have driving lessons in my own/family or friends car?

Under certain circumstances, customers may want to receive lessons in their own/family vehicle. This is a good idea where the car will be used for a Driver’s Test. It is also a good idea when a learner has a new car and wishes to familiarise themselves with it prior to licensing. Safe Drive Driving School is able to offer customers training in their vehicle, provided the vehicle is registered, roadworthy and comprehensively insured.
Prior to any training being conducted in the customer’s vehicle, the instructor should inspect the vehicle for its roadworthiness. The inspection should include, but is not limited to, a check of the following items;
the registration label is valid, current, intact and displayed appropriately
the vehicle is comprehensively insured and the customer’s insurance company is notified that it will be used by a driving instructor to conduct training in
The tyres:
are correctly inflated (air pressures must reflect the manufacturer’s recommendation as a minimum).
have appropriate levels of tread
are not damaged
all indicators, headlights and brake lights are working
seats and seat belts are in good working order and are not damaged or twisted
any loose items in the cabin of the vehicle are stowed in the cargo (boot) area
the windows and interior are clean
the vehicle has sufficient petrol to last the course of the lesson (minimum requirement – a quarter of a tank)
The lesson charge is not reduced for lesson in a customer’s own car.

Am I able to have driving lessons in my own/family or friends car?

Under certain circumstances, customers may want to receive lessons in their own/family vehicle. This is a good idea where the car will be used for a Driver’s Test. It is also a good idea when a learner has a new car and wishes to familiarise themselves with it prior to licensing. Safe Drive Driving School is able to offer customers training in their vehicle, provided the vehicle is registered, roadworthy and comprehensively insured.
Prior to any training being conducted in the customer’s vehicle, the instructor should inspect the vehicle for its roadworthiness. The inspection should include, but is not limited to, a check of the following items;
the registration label is valid, current, intact and displayed appropriately
the vehicle is comprehensively insured and the customer’s insurance company is notified that it will be used by a driving instructor to conduct training in
The tyres:
are correctly inflated (air pressures must reflect the manufacturer’s recommendation as a minimum).
have appropriate levels of tread
are not damaged
all indicators, headlights and brake lights are working
seats and seat belts are in good working order and are not damaged or twisted
any loose items in the cabin of the vehicle are stowed in the cargo (boot) area
the windows and interior are clean
the vehicle has sufficient petrol to last the course of the lesson (minimum requirement – a quarter of a tank)
The lesson charge is not reduced for lesson in a customer’s own car.

SPECIAL OFFER!

Dapatkan Paket Sekolah Mengemudi Terbaik
Penawaran Berakhir:
Promo Penawawan special dari kami
GET MY OFFER!
close-link